Ads 468x60px

Senin, 17 Desember 2012

MANAJEMEN INOVATIF DI MASA SULIT


Selamat datang di dunia manajemen . Siapkah kamu untuk berkecimpung di dalamnya ? Saat memasuki dunia manajemen kita mengenal istilah manajer,banyak manajer baru yang berharap dapat berkuasa, memiliki kendali, dan bertanggung jawab secara personal bagi departemen. Kejutan yang dihadapi banyak orang saat pertama kali memasuki posisi manajemen adalah kehilangan kendali atas banyak hal dari yang mereka bayangkan.

Hakekat manajemen adalah untuk memotivasi dan mengkoordinasikan orang lain untuk menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Di masa lalu banyak manajer yang mengendalikan karyawan secara ketat. Namun kini, bidang manajemen tengah mengalami revolusi yang menuntut manajer untuk mencapai banyak hal dengan sedikit kerja , melibatkan seluruh karyawan , menganggap perubahan dan bukan stabilitas sebagai sesuatu yang alamiah, serta member inspirasi visi dan nilai kultural yang memungkinkan orang menciptakan tempat kerja yang sepenuhnya.

So, daripada ribet niih sekilas ilmunya . . selamat membaca . .moga bermanfaat \:D/

Fungsi Manajemen :
1. Perencanaan : merupakan identifiksai berbagai tujuan untuk kinerja organisasi dimasa mendatang serta memutuskan tugas penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya.
2. Pengelolaan : merupakan fungsi manajemen yang mecakup penentuan tugas, pengelompokan tugas, dan mengalokasikan sumberdaya diseluruh perusahaan.
3. Kepemimpinan : merupakan fungsi mnajemen yang mencakup penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasi.
4. Pengendalian : merupakan fungsi manajemen yang memonitor aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya dan membuat koneksi jika diperlukan.

Keterampilan Manajemen
a. Kererampilan Konseptual : merupakan kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan bagian lainnya.
b. Keterampilan Interpersonal : merupakan kemampuan untuk bekerja dengan melalui orang lain, serta bekerja secara efektif sebagai anggota tim.
c. Keterampilan Teknis : merupakan pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu.
Jenis Jenis Manajemen

1. Perbedaan Vertikal
· Manajer puncak: manajer yang berada di tingkat teratas hierarki organisasi dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan organisasi.
· Manajer tingkat tengah: manajer yang bekerja di tingkat menengah dan bertanggung jawab untuk unit-unit bisnis dan departemen-departemen utama.
· Manajer proyek: manajer yang bertanggug jawab untuk kerja temporer yang melibatkan partisipasi orang dari beragam fungsi dan tingkat organisasi
· Manajer lini pertama: manajer yang bertanggung jawab secara langsung terhadap produksi barang dan jasa.

2. Pebedaan Horizontal
· Manajer fungsional : manajer yang bertanggung jawab bagi departemenyang mengerjakan tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dengan kerampilan dan pelatihan yang serupa.
· Manajer umum : manajer yang bertanggung jawab bagi sejumlah departemen yang melakukan berbagai fungsi.

Peran-peran manajer:
1. Peran informasional : Menggambarkan aktivitas-aktivitas yang digunakan untuk menjaga dan mengembangkan sebuah jaringan informasi.
2. Peran Interpersonal : Menyangkut hubungan dengan orang lain dan berkaitan dengan keterampilam interpersonal.
3. Peran pengambil keputusan : Berhubungan dengan peristiwa-peristiwa dimana manajer harus membuat sebuah pilihan dan mengambil tindakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text