Ads 468x60px

Minggu, 16 Desember 2012

KEPEMIMPINAN

Memimpin sebuah perusahaan / organisasi bukanlah perkara yang mudah, banyak aspek yang harus dipelajari serta dikuasai agar tidak terjadi kerugian terhadap kepentingan perusahaan / organisasi. Nah, disini kita akan mempelajari berbagai aspek yang mempengaruhi Kepemimpinan. Akan banyak tipe kepemimpinan yang bisa jadi opsi kita. Hmm..kira-kira kamu pemimpin yang bagaimana hayoo??? :P yukkk..explore  lebih disini :)

Dari semua pemikiran dan tulisan mengenai kepemimpinan, ada tiga aspek yang menonjol: manusia, pengaruh, dan tujuan. Kepemimpinan dijalankan oleh manusia, melibatkan penggunaan pengaruh, dan digunakan untuk mencapai tujuan. Pengaruh berarti bahwa hubungan antara manusia tidak terjadi secara pasif. Oleh karena itu, kepemimpinan (leadership) disini didefinisikan sebagai kemampuan untuk memengaruhi orang lain guna mencapai tujuan organisasi.

 KEPEMIMPINAN MASA KINI

Konsep kepemimpinan berubah seiring berubahnya organisasi. Artinya, konteks lingkungan tempat kepemimpinan dijalankan memengaruhi pendekatan apa yang paling efektif, di samping pemimpin seperti apa yang paling dikagumi masyarakat. Pengaruhi penting terhadap gaya kepemimpinan selama beberapa tahun terakhir adalah yang penuh pergolakan dan ketidakpastian.

Hal menarik tentang kepemimpinan masa kini adalah “pendekatan postheroic”yang mengutamakan tindakan-tindakan subtil, tidak kasat mata, dan sering tanpa pamrih dilakukan setiap hari oleh para pemimpin, bukan prestasi hebat para pahlawan bisnis kenamaan. Kerendahan Hati (humility) berarti bersikap rendah hati dan tidak berpura-pura.

· Kepemimpinan Tingkat 5: Kepemimpinan tingkat 5 merupakan tingkat tertinggi dalam hierarki kemampuan manajer. Ciri penting pemimpin tingkat 5 adalah hampir hilangnya ego, dibarengi dengan tekad kuat untuk melakukan yang terbaik bagi organisasi.

· Kepemimpinan Interaktif: Kepemimpinan interaktif (interactive leadership) berarti bahwa pemimpin lebih menyukai proses konsensual dan kolaboratif, serta pengaruh muncul lewat hubungan, bukan kekuasaan posisi dan kewenangan formal.

 DARI MANAJEMEN KEPEMIMPINAN

Perbedaan utama antara manajemen dan kepemimpinan adalah manajemen mengutamakan stabilitas, ketertiban, dan pemecahan masalah di struktur dan sistem organisasi yang ada. Kepemimpinan tidak dapat menggantikan manajemen, melainkan harus melengkapinya. Manajemen yang baik diperlukan untuk membantu organisasi memenuhi komitmen yang ada, sementara kepemimpinan yang baik diperlukan untuk membawa organisasi ke masa depan.

 KARAKTER KEPEMIMPINAN

Berbagai upaya awal untuk memahami kesuksesan kepemimpinan berfokus kepada pemimpin. Karakter (traits) adalah ciri pribadi pemimpin yang menonjol, seperti kecerdasan, kejujuran, kepercayaan diri, dan bahkan penampilan.

 PENDEKATAN PERILAKU

Dua perilaku kepemimpinan utama yang dianggap penting bagi kepemimpinan adalah perilaku berorientasi tugas dan perilaku berorientasi manusia. Kedua metakategori ini, atau kategori perilaku secara luas , terbukti berhubungan dengan kepemimpinan efektif di berbagai situasi dan waktu. Meski keduanya tidak hanya penting bagi perilaku kepemimpinan , perhatian akan tugas dan manusia sedikit banyak harus diperlihatkan. Oleh karena itu, banyak upaya untuk memahami kepemimpinan menggunakan kedua metakategori ini sebagai dasar penelitian dan perbandingan.
· Penelitian Ohio State
Para peneliti di the Ohio State University menyurvei para pemimpin untuk meneliti ratusan dimensi perilaku pemimpin. Mereka mengidentifikasikan dua perilaku utama : pertimbangan dan struktur permulaan.
1. Pertimbangan (consideration) masuk ke kategori perilaku berorientasi manusia dan berarti sejauh mana sang pemimpin memikirkan bawahan, menghargai, pikiran dan perasaan mereka, dan membangun rasa saling percaya.jadi, pertimbang adalah jenis perilaku yang menggambarkan sejauh mana pemimpin memirkan bawahan, mengharagai pikiran,dan perasaan meraka,serta membangun rasa saling percaya
2. Struktur permulaan (initiating structure) adalah kadar perilaku tugas, yaitu sejauh mana sang pemimpin berorientasi tugas dan mengarahkan pekerjaan bawahannya untuk mencapai tujuan.

Kepemimpinan adalah kemempuan untuk mempengaruhi orang lain guna mencapai tujuan organisasi.

Hierarki kemampuan manajer :
1. Individu berkemampuan tinggi
2. Anggota tim aktif
3. Manajer andal
4. Pemimpin efektif
5. Eksekutif tingkat 5

Kepemimpinan interaktif adalah gaya kepemimpinan yang bercirikan nilai-nilai bersiakp rendah hati, merangkul semua orang, membina hubungan, dan peduli.

Kualitas Pemimpin dan Manajer

Kualitas pemimpin :
- Visioner
- Bergairah
- Kreatif
- Fleksibel
- Menginspirasi
- Inovatif
- Berani
- Imajinatif
- Eksperimental
- Memulai perubahan
- Kekuatan pribadi
Kualitas manajer :
- Rasional
- Siap berbagi saran
- Gigih
- Pemecah masalah
- Teguh
- Analitis
- Terstruktur
- Waspada
- Berwibawa
- Menstabilkan
- Kekuatan posisis

Karakter pemimpin adalah ciri pribadi yang menonjol, seperti kecerdaasan, kejujuran kepercayaan diri, dan bahkan penampilan.

Pendekatan kontingensi adalah model kepemimpinan yang menggambarkan hubungan antara gaya kepemimpinan dan situasi spesifik di organisasi.

Pemimpin karismatik adalah pemimpin yang mampu memotivasi bawahannya untuk melebihi kemampuan mereka.

Dampak pemimpin karismatik :
1. Menyatakan visi mulia yang dirasakan oleh semua pegawai
2. Menampilkan kemampuan memahami dan berempati terhadap pengikut
3. Memperdayakan dan mempercayai bawahan untuk mencapai hasil

Pemimpin transformasional adalah pemimpin yang di bedakan oleh kemampuan istimewa mereka untukm memunculkan inovasi dan perubahan.

Pemimpin transaksional adalah pemimpin yang memperjelas peran dan persyaratan tugas bawahan, memolopori struktur, memberikan imbalan yang sesuai,dan memahami bawahan.

Gaya Kepengikutan :
1. Pengikut terasiring adalah seseorang yang mandiri dan berfikir kritis namun pasif di organisasi
2. Konformis adalah pengikut yang berpartisipasi aktif di organisasi namun tidak menggunakan keahlian berfikir kritis
3. Orang bertahan pragmatis adalah pengikut yang memiliki semua gaya pengikut, tergantung mana yang paling cocok dengan situasi yang ada
4. Pengikut pasif adalah pangikut yang tidak menunjukkan berpikir kritis dan mandiri maupun partisipasi aktif
5. Pengikut efektik adalah pemikir kritis dan mandiri sekaligus aktif di organisasi

Kekuasaan adalah potensi untuk mempengaruhi orang lain. Pengaruh adalah dampakn tindakan seseorang terhadap sikap, nilai, keyakinan, atau perilaku orang lain.

Kekuasaan Posisi
Kekuasan sah adalah kekuasaan yang muncul dari posisi manajemen formal di organisasi dan kewenangan yang diberikan kepadanya.
Kekuasaan imbalan adalah kekuasaan yang berasal dari kewenangan unntuk memberikan imbalan kepada orang lain.
Kekuasaan hukuman adalah kewenangan untuk menghukum atau merekomendasikan hukuman.
Kekuasaan pribadi
Kekuasaan ahli adalah kekuasan yang berasal dari pengetahuan atau keahlian khusus seseorang tentang tugas yang sedang dikerjakan ntersebut.
Kekuasaan rujukan adalah kekuasaan yang berasal dari karateristik pribadi seseorang yang membuat orang lain memihak, menghormati, dan mengagumi hingga menirunya.

Tujuh taktik pengaruh interpersonal bagi pemimpin :
1. Gunakan persuasi yang rasional
2. Buat orang lain menyukai anda
3. Andalkan aturan timbal balik
4. Bangun aliansi
5. Bersikap tegas –minta apa yang anda inginkan
6. Manfaatkan kewenangan yang lebih tinggi
7. Berikan imbalan atas perilaku yang anda inginkan

Pemimpin abdi adalah pemimpin yang bekerja untuk memenuhi tujuan dan kebutuhan bawahan mereka, dan mewujudkan tujuan atau misi lebih besar dari organisasi mereka.

Kepemimpinan moral terkait dengan membedakan yang benar dari yang salah dan memilih melakukan hal yang benar dalam melaksanakan kepemimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text