Ads 468x60px

Senin, 29 Oktober 2012

MANAJEMEN SDM MENEMUKAN DAN MEMPERTAHANKAN KARYAWAN TERBAIK

Dari judul alias temanya aja udah jelas tentang SDM alias sumber daya manusia..jadi ya otomatis kali ini kita akan banyak membahas tentang SDM..apa sih yang dimaksud sama manajemen SDM? Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya manusia dan kemudian perekrutan,penyeleksian, pengembangan, pemotivasian, pengevaluasian, pemberian kompensasi, dan penjadwalan karyawan untuk mencapai tujuan organisasional.
Semua manajemen, termasuk manajemen sumber daya manusia dimulai dengan perencanaan. Nah ini ada 5 langkah yang dilibatkan dalam proses perencanaan sumber daya manusia : 
  • 1.       Mempersiapkan inventaris SDM dari karyawan organisasi 
  • 2.       Mempersiapkan analisis pekerjaan. Analisis pekerjaan adalah studi akan apa yang dilakukan oleh para karyawan yang memegang berbagai jabatan pekerjaan. 
  • 3.       Menilai permintaan SDM di masa depan.
  • 4.       Menilai persediaan masa depan
  • 5.       Membuat rencana strategis.
Proses seleksi merupakan elemen penting dari program SDM apapun. Disini ada 6 langkah proses seleksi yg secara umum:
  • 1.       Mendapatkan formulir pendaftaran yang lengkap.
  • 2.       Melakukan wawancara awal dan wawancara lanjutan.
  • 3.       Memberikan tes pekerjaan.
  • 4.       Melakukan investigasi latar belakang.
  • 5.       Mendapatkan hasil dari tes fisik.
  • 6.       Menentukan periode percobaan   (masa percobaan).
Setelah menilai kebutuhan organisasi dan keterampilan karyawan, program pelatihan dirancang, sehingga mencakup aktivitas berikut : orientasi karyawan, pelatihan pada pekerjaan dan di luar pekerjaan, program magang, pelatihan online, pelatihan vestibula, dan simulasi pekerjaan.

Penilaian kinerja adalah sebuah evaluasi akan tingkat kinerja karyawan terhadap standar yang sudah ditentukan untuk membuat keputusan tentang promosi, kompensasi, pelatihan tambahan, atau pemecatan. Langkah-langkahnya adalah : (1) menetukan standar kinerja (2)mengkomunikasikan standar tersebut (3) mengevaluasi kinerja (4) mendiskusikan hasil (5) mengambil tindakan korektif jika diperlukan (6) menggunakan hasil tersebut untuk diskusi.

Kompensasi karyawan merupakan salah satu biaya operasi terbesar untuk banyak organisasi. System tersebut mencakup system gaji, upah setiap jam, pekerjaan yang dibayar menurut jumlah yg diproduksi, rencana komisi, rencana bonus, rencana pembagian laba, dan opsi saham. Karyawan sering bergerak dari posisi awal mereka di dalam sebuah perusahaan. Karyawan dapat bergerak ke atas (promosi), melintasi (penugasan ulang), atau ke luar (penghentian/pensiun) perusahaan. Karyawan juga dapat memilih meninggalkan perusahaan guna mengejar peluang di tempat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text