Ads 468x60px

Selasa, 23 Oktober 2012

PEMASARAN : MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN


Pemasaran???hmmm..sebagian besar orang menganggap pemasaran sebagai “penjualan” atau “periklanan”. Ya, benar..penjualan dan periklanan merupakan bagian dari pemasaran, namun sebenarnya jika membahas tentang pemasaran maka kita kan membahas hal yang lebih komplek, meliputi : proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta pendistribusian barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Pemasaran adalah proses menentukan keinginan dan kebutuhan konsumen yang pada akhirnya harus dapat disediakan atau dipenuhi oleh pemasar.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep marketing.Konsep itu adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni:
  • 1.       Product (produk)
  • 2.        Price (harga)
  • 3.        Place (tempat, termasuk juga distribusi)
  • 4.        Promotion (promosi
Nah ,untuk mencapai tujuan pemasaran maka kita harus memahami bebagai Konsep Pemasaran (marketing concept) yang memiliki tiga bagian, yaitu:

1.       Orientasi Pelanggan, yaitu menemukan apa yang diinginkan konsumen dan menyediakan bagi mereka atau dengan kata lain perhatikan penekanan pada pemenuhan kebutuhan konsumen daripada promosi atau penjualan.
2.        Orientasi Jasa, yaitu memastikan bahwa semua orang dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama “kepuasan konsumen”. Jadi ,ini harus menjadi usaha organisasional yang total dan terintegrasi. Berarti ,setiap orang dari presiden direktur sampai orang-orang pengiriman harus berorientasi pada kepuasan pelanggan.
3.       Orientasi Laba, terfokus padabarang dan jasa yang menghasilkan laba terbesar dan memungkinkan organisasi bertahan dan melakukan perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan konsumen.

 
Tidak mudah menjadi pemasar, namun akan sangat mudah jika kita memahami bahwa ada dua pasar utama dalam bisnis, yaitu : Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis ke Bisnis.
Apakah Pasar Konsumen itu??Apakah Pasar Bisnis ke Bisnis itu?? Yuk kita pelajari bersama ^_^
1.       Pasar Konsumen (consumer market) 
      Terdiri atas semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang maupun jasa untuk dikonsumsi atau digunakan dan memiliki sumber daya untuk membelinya. Pasar konsumen terdiri atas beberapa bagian / segmentasi, sebagai berikut :
·         Segmentasi Georafis
·         Segmentasi Demografis
·         Segmentasi Psikografis
·         Segmnetasi Manfaat
·         Segmentasi Volume

2.       Pasar Bisnis ke Bisnis (business to business /B2B) 
      Terdiri atas semua individu dan organisasi yang menginginkanbarang dan jasa untuk digunakan dalam memproduksi barang dan  jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain. Biasanya, barang dan jasa tersebut tidak asing di dunia industri karena telah digunakan dalam industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text