Pengenalan Tujuan dan Rencana
Tujuan atau goal adalah kondisi
dimasa depan yang diinginkan dan coba diwujudkan oleh perusahaan
Rencana atau plan adalah cetak
biru yang digunakan untuk mencapai tujuan, dan menentukann alokasi sumberdaya,
waktu, tugas, serta tindakan lain yang diperlukan
Konsep perencanaan biasanya
mencakup dua aspek tersebut dan didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan
untuk menentukan tujuan perusahaan.
Manfaaat tujuan dan rencana
antara lain:
1. Legitimasi
2. Sumber motivasi dan komitmen
3. Alokasi sumber daya
4. Panduan tindakan
5. Dasar pengambilan keputusan
6. Standar kinerja
Tujuan perusahaan
Misi berarti dasar keberadaan
perusahaan, berada dipuncak hierarki tujuan
Pernyataan misi formal adalah
gambaran umum tujuan yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan yang lain
yang sejenis
Tujuan strategis yang disebut
juga tujuan resmi adalah pernyaataan umum mengenai massa depan yang ingin
dicapai perusahaan
Rencana strategis adalah menentukan
langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang akan diambil perusahaan untuk
mencapai tujuan strategis
Tujuan taktis adalah hasil—hasil
yang hendak dicaoai oleh divisi—divisi dan departemen-departemen utama
perusahaan
Rencana taktis adalah rencana
yang dibuat untuk membantu melaksanakan rencana strategis utama dan mencapai
bagian tertentu dari strategi perusahaan
Tujuan operasinal adalah hasil
yang diharapkan dari departemen, kelompok kerja, dan individu pegawai
Rencana operasional adalah
rencana yang disusun ditingkat perusahaan yang lebih rendah untuk menentukan
langkah-langkah dan tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan operasional dan
untuk mendukung rencana taktis
Menyelaraskan tujuan melalui peta strategi
Peta strategi adalah gambaran
visual dari factor-faktor penting pendorong kesuksesan perusahaan yang
menunjukkan hubungan antara tujuan dan rencana spesifik disetiap bidang
Kriteria tujuan efektif
1. Spesifik dan terukur
2. Memiliki jangka waktu yang
pasti
3. Mencakup hasil-hasil penting
4. Menantang tetapi realistis
5. Dikaitkan dengan imbalan
Manajemen bersasaran adalah
system yang digunakan oleh manajer dan pegawai untuk menentukan tujuan bagi
setiap proyek, departemen, maupun personel, serta menggunakan mereka untuk
memonitor kinerja selanjutnya
Empat kegiatan untuk mensukseskan
manajemen bersasaran aalah sbb:
1. Menetapkan tujuan
2. Membuat rencana tindakan
3. Mengevaluasi kemajuan
4. Menilai kinerja secara
keseluruhan
Pada masa lalu perencanaan selalu
dilakukan oleh para manajer puncak, konsultan, atau departemen erencanaan
pusat. Selama masa penuh gejolak, pererncaan dilakukan secara terdesentralisasi
dan seluruh anggota perusahaann terlibat dalam membuat rencana dinamis yang
dapat memenuhi perubahan kebutuhan dilingkungan
Beberapa panduan dalam membuat
perencanaan untuk mencapai kinerja tinggi di lingkungan yang bergejolak
termasuk :
1. Menentukan tujuan abadi untuk
mencapai keunggulan
2. Menggunakan panel instrument
kerja,
3. dan membentuk tim inteljen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar