Ads 468x60px

Senin, 29 Oktober 2012

MANAJEMEN KEUANGAN

Yeay yey..hahahari ini giliran kelompok 6 yang maju presentasi..yah..kelompok paling bontot yang maju sebelum UTS dilaksanakan..hehe J tapi kelompok ini gak kalah hebatnya sama kelompok laen..paling keren malah (muji kelompok sendiri).
Okey okey..kelompok ini membahas tentang Manajemen Keuangan…apa sih manajemen keuangan itu?


Manajemen keuangan adalah pekerjaan mengelola sumber daya keuangan sebuah perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya. Sedangkan keuangan adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut di dalam perusahaan.


Permasalahan keuangan yang paling umum adalah (1) kekurangan modal (2) pengendalian arus kas yang buruk (3) pengendalian biaya yang tidak memadai.


Nah tugas-tugas seorang manajer keuangan adalah sebagai berikut : merencanakan, menganggarkan, mengendalikan dana, memperoleh dana, mengumpulkan dana, mengaudit, mengatur pajak, dan memberikan saran bagi manajer atas mengenai masalah-masalah keuangan.

Perencanaan keuangan mencakup prediksi dana jangka pendek dan jangka panjang, anggaran dan penetapan kendali keuangan. Ada 3 macam anggaran keuangan, yaitu : Anggaran modal adalah rencana pengeluaran untuk aset- aset mahal, seperti property, pabrik, dan peralatan. Anggaran kas adalah proyeksi saldo kas pada akhir periode tertentu. Anggaran operasional meringkas informasi yang terdapat di dua anggaran lainnya.

 
Selama masa hidup suatu bisnis, kebutuhan keuangannya terus bergeser secara signifikan. Bisnis memiliki kebutuhan keuangan dalam empat area utama : 1. Mengelola kebutuhan bisnis sehari-hari ; 2. Mengendalikan operasional kredit; 3. Membeli persediaan yang dibutuhkan; 4. Melakukan pengeluaran modal.

Perbedaan pendanaan jangka pendek dan pendanaan jangka panjang adalah : Pendanaan jangka pendek mengacu pada dana yang akan dilunasi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, sementara pendanaan jangka panjang mengacu pada dana yang akan dilunasi selama periode waktu tertentu atau lebih dari satu tahun.

Sumber pendanaan jangka pendek mencakup utang dagang, surat sanggup, keluarga dan temanbank komersial dan lembaga keuangan lainnya, anjka piutang, surat komersial dan kartu kredit.

utang dagang merupakan bentuk pendanaan jangka pendek yang paling murah dan nyaman. Sedangkan lini kredit merupakan perjanjian oleh sebuah bank untuk meminjamkan sejumlah uang tertentu kepada bisnis pada setiap waktu, jika uang tersebut masih tersedia. perjanjian kredit berulang adalah lini kredit yang menjamin bahwa suatu kredit akan tersedia-dengan suatu komisi tertentu. Nah, perbedaan antara kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan ialah kredit tanpa agunan tidak memiliki jaminan yang mendukungnya sedangkan kredit dengan agunan memiliki jaminan yang didukung oleh aset, seperti piutang, persediaan, atau properti bernilai lainnya.

anjak piutang berarti menjual piutang pada tingkat diskonto ke perusahaan anjak piutang (perantara yang membayar kas untuk akun tersebut). Yang dimaksud dengan surat komersial atau commercial paper adalah surat sanggup tanpa agunan milik perusahaan yang jatuh tempo dalam 270 hari atau kurang.

Salah satu fungsi terpenting manajer keuangan adalah untuk memperoleh pendanaan jangka panjang. Sumber-sumber pendanaan jangka panjang adalah pendanaan utang yang mencakup penjualan obligasi dan pinjaman jangka panjang dari bank dan lembaga keuangan lainnya.   diperoleh melalui penjualan saham perusahaan, dari saldo laba perusahaan, atau dari perusahaan model ventura.

Pendanaan utang berasal dari dua sumber : penjualan obligasi dan pinjaman dari individu, bank, dan lembaga keuangan lainnya. Obligasi dapat menggunakan agunan dengan beberapa bentukjaminan atau tanpa agunan. Hal yang sama berlaku untuk kredit.

1 komentar:

  1. semangat tuk belajar shinta.....raih prestasi akademik sebaik yang kamu dapatkan. Insya Allah mendapat jalan yang terbaik.

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text